"Difficult Roads Often Lead to Beautiful Destionations"

Tuesday, November 21, 2017

/



RPG MAKER MV
Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbagi pengalaman saat pembuatan sebuah tugas Softskill. Softskill kali ini adalah Pengantar Teknologi Internet & New Media yang dimana kami harus membentuk kelompok untuk membuat sebuah aplikasi atau web yang ditujukan untuk anak dibawah 7 tahun atau setara dengan anak kelas 3 Sekolah Dasar dan bertujuan untuk pembelajaran interaktif bagi mereka.
Kelompok kami berinisiatif untuk membuat sebuah game RPG (Role-playing game : sebuah permainan yang pemainnya menjalankan peran dari suatu karakter) yang dimana berisi tentang bagaimana sebuah karakter game tersebut dapat menuju garis akhir dengan melewati berbagai tantangan yang berhubungan dengan pelajaran-pelajaran sekolah dasar seperti Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS. 
Anggota pada kelompok kami memiliki peran dan tugas nya masing-masing seperti desain, database dan musik/suara. Software yg kami pakai adalah RPG Maker MV. RPG Maker adalah seri engine game yang bisa dibilang merupakan salah satu metode belajar pengembangan game paling bagus. Tanpa kemampuan coding atau gambar, kita bisa menciptakan RPG sendiri mengikuti alur logika yang sudah disediakan oleh engine.

Disini saya bertugas dibagian design dimana saya harus membuat tampilan dari game yang akan kami buat tersebut akan menarik untuk anak anak di bawah 7 tahun atau setara dengan anak kelas 3 sekolah dasar. Karena target aplikasi kita adalah anak anak kita harus membuat tampilan design dengan menggunakan warna warna cerah seperti merah, kuning, biru, dll, dan juga kita akan membuat karakter kartun untuk si pemain tersebut. Kita menggunakan karakter kartun agar si pemain anak – anak dibawah 7 tahun bisa lebih membayangkan diri nya sendiri bermain di dalam game tersebut. Dengan demikian anak anak tersebut akan lebih tertarik untuk memain kan game yang kami buat. Demikianlah pengalaman saya dalam pembuatan aplikasi ini dan semoga bermanfaat untuk kedepannya.

0 comments:

Post a Comment